468x60_040713_1stcampaign_GENERALFashionAccessorie

Tanda -Tanda Kecanduan Kafein


http://www.dusunku.com/2012/09/tanda-tanda-kecanduan-kafein.html
Dusunku.com - Kafein memang bisa sangat berbahaya jika kita konsumsinya terlalu berlebihan, tapi hal itu pun tak membuat efek bagi penikmat kafein akan bahaya yang ditimbulkannya.

Tentunya sobat sedusun sangat mengenal dengan minuman khas terasa pahit ini, ya.. kopi, Kopi adalah minuman yang banyak mengandung kafein. Selain kopi, minuman yang bersoda pun juga terdapat kandungan kafein.

Jika kita mengkonsumsi minuman tersebut secara berlebihan hal itu cukup buruk mengganggu pada kesehatan kita, khususnya bagi sobat yang suka begadang dan juga penikmat kopi. Memang pada dasarnya dibalik efek buruk dari kafein tersebut juga mempunyai efek positif yang terkandung pada minuman yang mengandung kafein tersebut, 

Penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan performa kerja pada seseorang sepanjang hari. Tetapi terlalu banyak mengonkosumsinya pun juga bisa berdampak buruk pada kesehatan sobat.

"Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan katajaman mental dan kinerja seseorang, tapi terlalu banyak kafein dapat berdampak negatif pada suasana hati, energi dan bahkan kesehatan," ujar Erin Palinski, RD, CDE, CPT yang membuka praktek di New Jersey, Amerika, seperti yang dikutip dari Privention International.

"Dari Beberapa penelitian juga menghubungkan dosis kafein tinggi dengan kemandulan dan risiko patah tulang pinggul pada wanita berusia tua," jelas Keri Gans M., MS, RD, CDN, dan penulis "The Small Change Diet". Oleh karena itu, ada baiknya jika sobat untuk bisa membatasi asupan kafein dengan mengetahui tanda-tanda bahwa sobat sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Apa saja tanda-tanda tersebut? Baiklah, saya akan jelaskan satu persatu tanda-tanda jika sobat terlalu berlebihan mengkonsumsi kafein  seperti yang saya kutip dari wolipop berikut tentang tanda-tanda terlalu banyak mengkonsumsi kafein. 

1. Tak Minum Kopi Buat Tubuh Sobat Lemas Tak Berdaya
"Jika sobat tak bisa melalui hari demi hari dengan tak meminum kopi atau minuman bersoda, mungkin sobat sudah kecanduan kafein," kata David J. Clayton, MD, penulis 'The Healthy Guide to Unhealthy Living'. Meminum beberapa gelas kopi, memang bisa buat tubuh sobat berenergi seketika dan kemudian merasa sangat lelah ketika kandungan kafeinnya hilang.

2. Air Seni berwarna Oranye
Air seni yang berwarna kuning pekat atau orange juga merupakan tanda bahwa sobat telah mengalami dehidrasi. "Kopi adalah minuman diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi dengan meningkatkan kebiasaan orang untuk buang air kecil, sehingga menyebabkan orang kehilangan cairan tubuh," ungkap Amy Gross, MPH, RD, CDN dan ahli gizi klinis di New York Presbyterian Hospital. Kafein tidak akan bisa memicu dehidrasi apabila sobat meminumnya tak lebih dari 500 mg, jadi dua gelas kopi dalam sehari masih dalam batas aman.

3. Sobat Tak Bisa Tidur
"Kafein membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk bisa diserap oleh tubuh, dan pengaruhya akan berlangsung lama sehingga bisa mengubah siklus tidur sobat," ujar Molly Morgan, R.D., pemilik 'Creative Nutrition Solutions' di Vestal, New York, dan penulis 'The Skinny Rules'. Jika sobat membutuhkan waktu sampai 30 menit untuk tertidur, maka kurangilah asupan kopi setelah jam 12 siang. Itu akan membantu tidur sobat menjadi lebih nyenyak.

4. Sering Merasa Cemas
Pernah kah sobat merasakan telapak tangan berkeringat, jantung berdetak cepat dan gelisah?? Jika sobat pernah merasakannya maka hal itu merupakan tanda-tanda bahwa sobat telah overdosis pada kafein. Kafein dapat merangsang kelenjar adrenal sobat untuk mengeluarkan hormon stres lebih banyak dan meningkatkan denyut jantung, sehingga buat sobat akan merasa lebih cemas.

5. Anda Mengalami Heartburn
Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau di belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan. Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu. Jika ini terjadi pada sobat, mungkin kafein adalah yang menjadi biang keladinya. "Kafein melemaskan sfingter esofagus, yang memungkinkan asam naik ke tenggorokan," kata Gross.


Berdasarkan tanda-tanda diatas, Memang kafein dapat meningkatkan katajaman mental dan kinerja seseorang. Hal ini biasa nya banyak dilakukan para pekerja seni yang tak luput dari kopi, seperti pada postingan saya bahwa Kopi Bermanfaat menurunkan Resiko Penyakit Jantung karena kopi merupakan minuman yang berenergi bagi mereka yang dapat menajamkan intuisi mereka dalam berkarya, khususnya dengan sensasi pahit tersebut lah kopi menjadi favorit bagi penikmatnya. Dalam hal ini tentunya sobat juga harus waspada dibalik kenikmatan minum kopi yang mempunyai sensasi yang luar biasa tersebut, jangan sampai sobat menjadi ketagihan bahkan kecanduan minum kopi tanpa beraturan.

Seperti yang sudah dikatakan oleh Erin Palinski, RD, CDE, CPT bahwa minum minuman yang terlalu banyak kafein dapat berdampak negatif pada suasana hati, energi dan bahkan kesehatan.

Begitu juga yang terdapat pada minuman bersoda, bahkan minuman bersoda lebih bahaya lagi jika sobat terlalu banyak mengkonsumsi nya seperti postingan saya bahaya minuman bersoda.

Bagaimanan sobat?? apakah masih ingin mengkonsumsi kopi dan minuman bersoda melebihi dari batas sewajarnya? tentunya hanya sobat yang mengetahui jawaban tersebut...



2 komentar:

Terima kasih buat sobat yang sudah memberikan komentarnya pada postingan ini